Tips Mengatasi Gadget Cepat Panas Saat Streaming dan Main Game

By Wanovy Hutapea 13 Jun 2021, 22:05:01 WIB Teknologi
Tips Mengatasi Gadget Cepat Panas Saat Streaming dan Main Game

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab gadget panas dan kamu harus tahu tips dan trik untuk mengatasinya. Jika dibiarkan, gadget kamu mungkin tidak akan bertahan lama.

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna gadget adalah saat membuka suatu aplikasi dalam waktu yang lama. Contohnya saat bermain game Mobile Legend, PUBG yang notabenenya tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

Selain game, melakukan streaming film dalam waktu yang lama juga bisa membuat gadget cepat panas. Misalnya, saat menonton film di Netflix atau di YouTube.

Baca Lainnya :

Gadget yang cepat panas ini pastinya membuat kita menjadi tidak nyaman. Untuk itu kamu harus sesegera mungkin memperbaikinya. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan supaya gadgetmu tidak cepat panas.

1.      Tutup Aplikasi Lain

Kamu perlu menutup aplikasi lainnya yang berjalan dibelakang ( background). Karena ini akan memakan cukup ruang di sistem untuk menjalankannya. Usahakan untuk selalu membersihkan cache dari aplikasi yang ingin kamu buka dalam waktu lama.

Setelah itu, kamu juga bisa menurunkan tingkat kecerahan atau brightness ponsel. Karena ini dapat mempengaruhi ponsel untuk bekerja lebih keras disamping menyokong aplikasi streaming atau game yang sedang dibuka.

2.      Gunakan Charger Original

Menggunakan sembarang charger justru akan membahayakan baterai dan gadget kamu. Maka, biasakan untuk selalu menggunakan charger asli dan jika rusak, belilah charger asli yang baru.

3.      Lepas Case Pelindung

Jika anda pakai hardcase atau softcase, melepas sementara casing tersebut bisa menjadi solusi. Dengan melakukan itu, suhu panas tidak akan berkumpul di sekitar ponsel dan akan dengan cepat menyebar.

Kamu perlu menghindari menggunakan perangkat selama mengisi daya. Itu akan menyebabkan sistem bekerja terlalu keras. Membuka aplikasi dan mengisi daya secara bersama-sama bisa membuat ponsel menjadi panas.

4.      Waspadai Overheat

Pemakaian yang berlebihan bisa membuat gadget kamu overheat. Parahnya, ponsel bisa meledak jika suhu panas meningkat terlalu berlebih dan tidak bisa lagi ditoleransi.

Perhatikan lingkungan kamu, hindari ruang terbuka yang secara langsung terkena paparan sinar matahari. Karena ponsel bisa menyerap suhu panas dari sinar matahari tersebut.

Terakhir, kamu juga harus mengistirahatkan perangkat sementara. Selain memberi jeda kepada sistem di gadget, itu akan memberikan istirahat bagi mata yang terlalu lama menatap layar ponsel.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment