Tampilan Blue Screen of Death Windows 11 Berubah Jadi Warna Hitam

By Wanovy Hutapea 02 Jul 2021, 18:07:57 WIB Teknologi
Tampilan Blue Screen of Death Windows 11 Berubah Jadi Warna Hitam

Microsoft baru saja mengumumkan Windows 11 pada 25 Juni 2021. Dalam acara peluncuran yang digelar secara virtual itu, perusahaan memperlihatkan seperti apa tampilan dan fitur-fitur baru yang akan hadir di Windows 11.

Dari berbagai hal baru yang diumumkan, salah satu yang menjadi perhatian adalah tampilan Blue Screen of Death (BSOD) yang berubah.

Pada umumnya, Blue Screen of Death atau biasa disebut layar biru ini muncul saat PC sedang hang atau bermasalah. Tapi di Windows 1, layar biru yang legendaris ini akan hilang dan digantikan dengan warna hitam.

Baca Lainnya :

Perubahan itu terlihat di preview build Windows 11 yang baru saja digulirkan pekan ini. Menurut pengamatan The Verge, layar hitam atau Black Screen of Death ini belum diaktifkan secara sempurna.

Disebutkan juga, Microsoft akan menggantikan layar biru menjadi hitam agar sesuai dengan layar logon dan shutdown di Windows 11 yang juga berwarna hitam.

Walaupun sebatas berganti warna, ini merupakan perubahan besar pertama BSOD sejak Microsoft menambahkan emotikon sedih ke layar Windows 8 pada 2012, dan kode QR pada 2016.

Meskipun warna BSOD di Windows 11 berubah menjadi hitam, informasi yang ditampilkan di layar masih sama seperti yang ada di Windows 10, dan lengkap dengan emotikon sedih dan kode QR nya.

Microsoft sendiri belum berkomentar terkait perubahan BSOD di Windows 11 ini, jadi belum diketahui apa alasan mereka mengganti warnanya. Windows 11 memang hadir membawa banyak perubahan visual agar terlihat lebih modern, mungkin perubahan itu juga dibawa ke BSOD.

Sebagai informasi, Microsoft pertama kali memperkenalkan BSOD di Windows 3.0 sebagai cara bagi profesional IT untuk mendiagnosis masalah di hardware dan kesalahan pada memori.

BSOD adalah kesalahan kernel atau pemeriksaan bug Windows sendiri, dan biasanya mencakup kumpulan data yang dapat membantu administrator sistem menganalisis kesalahan sistem apa yang menyebabkan layar biru.

Microsoft sudah mengumumkan kehadiran Windows 11 ke publik, tapi perusahaan itu belum mengungkap secara pasti kapan penerus Windows 10 ini meluncur. Mereka hanya menyebut sistem operasi ini akan hadir pada musim gugur tahun 2021.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment