Tampilan Baru Windows 11 Bocor di Internet

By Wanovy Hutapea 16 Jun 2021, 19:38:13 WIB Teknologi
Tampilan Baru Windows 11 Bocor di Internet

Beberapa hari lalu Microsoft resmi mengumumkan jadwal penghentian dukungan sistem operasi Windows 10, yang menjadi tanda semakin dekatnya kehadiran Windows 11. Bahkan, sekarang tampilan Windows 11 pun telah bocor di internet.

Bocoran itu dipublikasikan di jejaring Baidu hingga twitter.Hasil tangkapan layarnya meliputi hampir seluruh tampilan Windows 11, mulai dari antarmuka pengguna baru, menu awal, dan masih banyak lagi.

Tampilan antarmuka pengguna Windows 11 dan menu Start terlihat sangat mirip dengan tampilan Windows 10X yang sebelumnya juga bocor ke publik.

Baca Lainnya :

Sebelumnya, Microsoft telah menyederhanakan sistem operasi Windows agar mudah dipakai untuk perangkat layar ganda. Namun, proyek itu dibatalkan dan lebih memilih untuk mengembangkan Windows 11.

Microsoft pun telah memberikan petunjuk bahwa mereka siap untuk meluncurkan sistem operasi berikutnya. Meskipun begitu perusahaan tak secara gamblang menyebut akan meluncurkan Windows 11.

Secara visual, perubahan terbesar yang dibawa Windows 11 terletak pada visual antarmuka depan, khususnya pada bagian taksbar. Dibagian tersebut, Windows 11 memilki ikon aplikasi yang terletak di tengah dengan menyertakan tombol dan menu Start baru.

Menurut laporan The Verge, pengguna bisa mengubah ikon aplikasi dan menu Start berada di sisi kiri, sehingga membuatnya mirip seperti tampilan Windows 10.

Dibagian taksbar, terdapat pula ikon yang disebut sebagai Widgets. Microsoft memang dirumorkan akan membawa kembali Windows Widgets di Windows 11. Widgets ini terdiri dari berita, prediksi cuaca, dan update skor pertandingan olahraga.

Perubahan tampilan juga terdapat pada bagian menu Start. Windows 11 membawa tampilan yang lebih sederhana dan fresh. Bagian ini mencakup aplikasi yang disematkan, file terbaru, dan kemampuan untuk mematikan dua restart perangkat Windows 11.

Selain itu, Windows 11 membawa tampilan kotak dengan ujung melengkung pada bagian menu Start, antarmuka aplikasi, dan File Explorer. Tampilan ini berbeda dengan pendahulunya yang konsisten dengan kotak berujung lancip. Kelihatannya, Microsoft hendak membuat Windows 11 memiliki tampilan yang tidak kaku seperti Windows sebelumnya.

Meskipun demikian, versi awal Windows 11 yang bocor ini masih belum menyertakan sejumlah aplikasi bawaan khas sistem operasi tersebut. Berdasarkan laporan The Verge, Windows 11 yang bocor di internet juga belum memilki aplikasi Windows Store terbaru yang diklaim Microsoft akan jauh berbeda dengan yang ada saat ini.

Secara keseluruhan , Windows 11 ini mempunyai tampilan dasar yang mirip dengan Windows 10X, sistem operasi yang dibuat Microsoft pada awal tahun ini untuk perangkat dengan dual-screen. Proyek Windows 10X tersebut kemudian dibatalkan oleh Microsoft agar mereka bisa fokus mengerjakan Windows 11.

Menarik untuk menunggu fitur dan aplikasi penuh yang dibawa Windows 11 versi final. Microsoft sendiri sudah mengkonfirmasi jadwal acara Windows khusus pada 24 Juni 2021 mendatang, yang diprediksi akan mengungkap apa saja yang dibawa sistem operasi Windows 11.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment