Smartphone Android Bisa Jalankan Windows 11?

By Wanovy Hutapea 03 Jul 2021, 18:55:03 WIB Teknologi
Smartphone Android Bisa Jalankan Windows 11?

Microsoft telah membawa kejutan saat peluncuran Windows 11 pekan lalu. Sistem operasi anyar itu bisa menjalankan aplikasi Android tanpa modifikasi khusus.

Ini merupakan pertama kalinya Microsoft menghadirkan kemampuan tersebut. Selama ini, aplikasi di Android bisa dijalankan di sistem operasi Windows dengan bantuan emulator atau melakukan dual boot OS.

Dilansir dari XDA Developers, perangkat yang dapat menggunakan Windows 11 adalah OnePlus 6T.

Baca Lainnya :

OnePlus 6T yang sudah dirilis sejak 2018 dengan mengusung sistem operasi Android. Menariknya, beberapa pengembang yang dapat menginstal Windows 11 di ponsel tersebut. Penerapan ini dapat terjadi berkat rancang bangun ARM64 yang dirilis untuk Windows 11. Hal ini memungkinkan Windows 11 pada perangkat CPU yang berbasis ARM, seperti pada smartphone. Tak hanya bekerja pada komputer ber-CPU Intel saja, melainkan juga AMD dan ARM.

Orang-orang yang berhasil menerapkan Windows 11 pada OnePlus 6T ini adalah para pengembang yang ada dibalik Renegade Project. Mereka membuat vidio yang menunjukkan jika Windows 11 dapat bekerja di layar smartphone. Di awal, mereka menunjukkan proses flashing build pratinjau Windows 11 pada OnePlus 6T.Kemudian, melakukan proses instalasi yang berjalan cukup lama hingga akhirnya OnePlus 6T berhasil booting dengan sistem operasi terbaru dari Microsoft tersebut.

OnePlus 6T bukan satu-satunya smartphone yang bisa menerapkan Windows 11. Terdapat informasi, selain OnePlus 6T, smartphone lain seperti Xiaomi Mi 8 dan Lumia 950 XL yang juga bisa menerapkan Windows 11.

Namun, sebagian besar fitur Windows 11 tidak dapat digunakan, seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan audio speaker.

Masalah tersebut sempat dialami Gustavo Monce, mahasiswa teknik yang berhasil memasang Windows 11 ke Nokia Lumia 950 XL. Saat penginstalan itu berhasil, ada beberapa fitur ponsel yang tidak bisa berfungsi secara normal, seperti kamera, SMS, dan baterai yang boros.

Sementara untuk antarmuka dan fitur baru di Windows 11 bisa ditampilkan, seperti taskbar baru, menu Start baru, bahkan Snap Layout.

Untuk memboyong Windows 11 ke Windows Phone, Monce dan timnya mem-porting dan melakukan reverse engineering driver yang ada. Karena sebelumnya telah mengerjakan Windows 10 dan Windows10X untuk Lumia, sehingga pekerjaan mereka jadi lebih dimudahkan.

Monce dan timnya juga membuatsiklus khusus untuk proyek mereka yang berisi tools, panduan dokumentasi untuk membawa Windows 10 dan Windows 11 ke ponsel Windows jadul.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment