Saingan TikTok, YouTube Rilis Shorts Fitur Vidio Pendek

By Wanovy Hutapea 13 Jul 2021, 19:22:50 WIB Teknologi
Saingan TikTok, YouTube Rilis Shorts Fitur Vidio Pendek

Seperti fitur baru milik Instagram, Reels, Shorts pun hadir untuk menjadi pesaing TikTok. Shorts memungkinkan pengguna untuk mengunggah vidio pendek berdurasi 15 detik dengan cuplikan lagu-lagu populer sebagai latar belakang.

Setelah sempat dirumorkan beberapa waktu lalu, YouTube akhirya mulai menggulirkan Shorts, fitur vidio pendek yang mirip dengan TikTok, dalam versi early beta untuk platform Android di India.

YouTube disebut telah bekerja sama dengan label musik hingga musisi ternama demi menghadirkan 100.000 lagu pada fitur Shorts. Fitur ini dapat ditemukan di aplikasi YouTube versi mobile.

Baca Lainnya :

Dikutip dari Techradar, fitur YouTube Shorts ini dirilis secara perlahan di seluruh dunia dan kini hadir dalam versi beta di beberapa negara lainnya, termasuk Australia, Selandia Baru dan juga Indonesia.

Fitur YouTube Shorts ini juga hadir dengan kamera baru dan memiliki banyak tools untuk mengedit vidio dengan cepat diunggah.

Pengguna bisa menggunakan lagu-lagu populer di menu perpustakaan YouTube sebagai latar vidio tersebut. Fitur ini juga bisa digunakan bagi pengguna iOS dan Android.

Untuk membuat vidio di YouTube Shorts ini tidak diperlukan aplikasi editing lain karena semua sudah tersedia di fitur YouTube Shorts.

Setelah merekam vidio dan menambahkan musik, pengguna bisa langsung mengunggah nya untuk bisa disaksikan oleh pengguna lain.

Nantinya, pengguna akan menemukan beranda baru pada laman YouTube, yang serupa dengan halaman “For You” pada TikTok. Beranda ini dikhususkan untuk menampilkan vidio-vidio pendek kreasi para pengguna fitur Shots lain.

Pembaruan fitur YouTube Shorts ini akan dirilis secara bertahap sehingga Anda harus menunggu notifikasi yang akan langsung muncul di aplikasi YouTube Anda.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment