Pendiri Antrivirus McAfee Tewas di Penjara Spanyol

By Wanovy Hutapea 24 Jun 2021, 12:28:36 WIB Teknologi
Pendiri Antrivirus McAfee Tewas di Penjara Spanyol

Keterangan Gambar : John McAfee, Pendiri Antivirus McAfee


John McAfee, pendiri software antivirus McAfee ditemukan meninggal dunia di sel penjara, dekat Barcelona, Spanyol pada Rabu (23/6).

Pengusaha teknologi Amerika Serikat kelahiran Inggris ini diduga tewas akibat bunuh diri. Hal itu terjadi setelah pengadilan tinggi Spanyol mengizinkan ia di ekstradisi ke Amerika Serikat atas tuduhan penggelapan pajak, seperti yang diungkapkan pengacaranya kepada Reuters.

Menurut ketrangan pihak pengacaranya, Javier Villaba, McAfee diduga nekat untuk mengakhiri hidupnya akibat depresi selama mendekam di jeruji besi selama sembilan bulan terakhir.

Baca Lainnya :

Dalam sidang pengadilan yang diadakan pada Mei lalu, Mc Afee sempat berpikir untuk menghabiskan sisa hidupnya di penjara AS jika terbukti bersalah.

Villaba menjelaskan bahwa McAfee sebenarnya masih punya kesempatan untuk mengajukan banding atas hukumannya itu. Namun karena sudah tidak tahan lagi mendekam di bui, McAfee akkhirnya nekat gantung diri.

"Ini adalah hasil dari sistem kejam, tidak ada alasan untuk menahan orang di penjara dengan waktu yang begitu lama," ujar Villaba.

Atas tindakan bunuh diri ini, Jaksa AS kemungkinan akan meminta pihak hakim yang mengawasi kasus penghindaran pajak untuk mencabut dakwaan McAfee.

Beberapa bulan lalu McAfee memang terlibat dalam serangkaian masalah hukum.

Pria berusia 75 tahun itu ditangkap di Spanyol pada 3 Oktober lalu setelah didakwa di Amerika Serikat karena penggelapan pajak hingga kasus penipuan kripto di New York, tidak disebutkan jumlah utang dalam surat dakwaan.

McAfee diamankan pihak kepolisian Spanyol saat hendak menaiki pesawat ke Istanbul dengan paspor Inggris miliknya.

Memang selama delapan bulan terakhir, McAFee mengaku enggan untuk membayar pajak penghasilannya di AS karena alasan ideologi.

McAfee diketahui sempat bekerja untuk NASA, Xerox, dan Lockhead Martin sebelum akhirnya meluncurkan antivirus komersial pertama didunia, dengan merk yang memakai namanya sendiri yakni McAfee Antivirus, pada tahun 1987.

Ia kemudian menjual perusahaannya tersebut ke Intel (INT.O) pada tahun 2011, dan tidak lagi terlibat dan menjadi bagian didalamnya.

Saat ini, software antivirus McAfee diketahui masih digunakan oleh 500 juta pengguna di seluruh dunia.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment