Nintendo Umumkan Switch Versi OLED, Itu Saja ?

By Wanovy Hutapea 07 Jul 2021, 19:14:25 WIB Teknologi
Nintendo Umumkan Switch Versi OLED, Itu Saja ?

Nintendo akhirnya mengumumkan versi Switch baru dengan layar OLED 720p berukuran 7 inci. Ni tendo mencantum versi Switch OLED ini hanya mendukung 1080p melalui mode TV.

Sedikit berbeda dengan Nintendo sebelumnya, layar terbaru nya kini lebih besar dibanding Nintendo Switch “reguler” dan versi “Lite” yang masing-masing berukuran 6,2 inci dan 5,5 inci.

Selain layar, Nintendo Switch versi OLED ini juga dibekali memori internal 64 GB, yakni dua kali lipat lebih besar dibanding kapasitas media penyimpanan versi reguler dan Lite yang mentok di 32 GB.

Baca Lainnya :

Tidak berbeda dengan generasi sebelumnya, ruang penyimpanan Switch versi terbaru yang memiliki bobot 320 gram ini juga bisa diperluas dengan kartu microSD hingga 2 TB.

Berdasarkan spesifikasi, Nintendo Switch OLED lainnya bisa dibilang persis dengan versi reguler. Konsol game ini dibekali dengan Chipset Nvidia Tegra X1 dengan prosesor (CPU) quad-core berkecepatan 1 GHz, GPU Custom Nvidia, dan RAM 4 GB.

Nintendo telah mengkonfirmasi kepada TheVerge, bahwa tidak ada perubahan internal besar pada CPU ataupun memori.

“Nintendo Switch (versi OLED) tidak memiliki CPU baru, atau lebih banyak RAM, dari model Nintendo Switch sebelumnya,” ujar juru bicara Nintendo.

Karena sama denga pendahulunya, Nintendo Switch versi anyar ini juga mendukung gameplay 1080p via HDMI di mode TV, serta 720p via built-in screen di mode handheld dan tabletop.

Disisi lain, ada sedikit perubahan dari perangkat asli. Nintendo menyatakan bahwa masa pakai baterai pada Switch OLED baru ini akan mencapai sembilan jam, jumlah tersebut sama dengan Switch ini.

Tidak ada peningkatan yang dihadirkan dari segi spesifikasi. Maka dari itu, pengguna Switch versi baru ini masih hanya kana bisa memainkan gamenya dengan resolusi 1280 x 720 pixel meski baterainya lebih hemat karena penggunaan layar OLED.

Nintendo mengatakan bahwa Nintendo Switch versi OLED bakal hadir dengan dua varian warna yaitu gabungan warna merah-biru dan juga putih.

Untuk harganya sendiri, Nintendo Switch versi OLED akan dijual dengan harga USD 349,99 atau setara dengan Rp 5 jutaan. Perangkat ini mulai tersedia mulai tangga 8 Oktober 2021 mendatang.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment