Microsoft Resmi Rilis Windows 11, Mirip Apple Mac ?

By Wanovy Hutapea 25 Jun 2021, 15:26:46 WIB Teknologi
Microsoft Resmi Rilis Windows 11, Mirip Apple Mac ?

Keterangan Gambar : Tampilan Windows 11


Microsoft akhirnya resmi meluncurkan sistem operasi terbaru yakni, Windows 11 pada acara khusus yang digelar secara virtual, Kamis (24/6/2021). Perilisan ini menjadi sejarah khusus bagi Microsoft karena melakukan perombakan besar pertama dari sistem operasi Windows-nya sejak tahun 2015 dimana Windows 10 rilis.

Sebelumnya tampilan Windows 11 ini sudah bocor di internet. Sesuai dengan prediksi, tampilan Windows 11 memang mirip dengan antarmuka (user interface) Apple MacOS. Posisi tombol Start dan ikon di taskbar secara default berada di tengah yang sangat mirip dengan MacOS.

Microsoft juga mengubah ikon-ikon yang ada di Windows 11 menjadi lebih segar dan tegas. Begitu juga dengan ikon Windows Explorer yang mengalami perubahan yang sedikit lebih simple.

Baca Lainnya :

Chief Product Officer Windows + Device Microsoft, Panos Pana, mengatakan banyak perubahan di setiap detail nya. Windows 11 juga menyertakan mode gelap atau dark mode yang telah diperbarui.

Microsoft juga melakukan peningkatan pada fitur Widget-nya, selain tampilan yang lebih bersih dengan animasi yang mulus. Pengguna juga bisa menggunakan fitur ini untuk melihat prediksi cuaca, membaca berita, hingga memantau harga saham.

Pengguna juga dapat berpindah aplikasi dengan mudah, fitur Minimize kini memberikan pilihan untuk membagi tampilan layar secara proporsional sesuai dengan keinginan.

Microsoft juga memberikan peningkatan pada inking dan pengetikan suara. Dengan pena tertentu, Windows 11 ini akan mendukung haptic feedback.Artinya, akan banyak perangkat keras baru yang mendukung perubahan stylus ini di Windows 11.

Khusus para gamers, Microsoft akan memanjakan para pengguna Xbox. Diketahui dari eksekutif Xbox, Sarah Bond, fitur Auto HDR di Xbox Series X/S akan menjadi bagian dari Windows 11.

Salah satu bagian terbesar dari Windows 11 yaitu penyimpanan dan dukungan baru untuk aplikasi Android di Windows.

Microsoft store didesain ulang dan akan mendukung seluruh host aplikasi yang biasanya tidak tersedia di toko aplikasi Windows. Didalamnya termasuk aplikasi dari Adobe Creative Suite dan aplikasi Android seperti Tiktok dan Instagram.

Tak hanya mendukung, sistem operasi Windows 11 ini juga dapat menjalankan aplikasi Android. Microsoft telah bermitra dengan Amazon dan Intel untuk mewujudkannya melalui teknologi Intel Bridge.

Belum ada tanggal resmi kapan Windows 11 akan diluncurkan ke seluruh perangkat, tetapi Microsoft berjanji untuk menyediakannya sebagai peningkatan gratis untuk pengguna Windows 10 pada musim liburan ini. Menurut prediksi, Windows 11 dapat dinikmati pengguna pada Oktober mendatang.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment