Google Umumkan Ada 6 Fitur Baru Untuk Android

By Wanovy Hutapea 18 Jun 2021, 19:47:28 WIB Teknologi
Google Umumkan Ada 6 Fitur Baru Untuk Android

Pekan ini, Google kembali mengumumkan bahwa perusahaannya akan menghadirkan 6 fitur baru untuk meningkatkan platform Android.

Pihaknya, mengatakan bahwa sistem pendeteksi gempa bumi bakal disebar ke lebih banyak negara. Fitur-fitur tesebut bisa dinikmati pengguna mulai pertengahan tahun ini.

Nah, berikut 6 fitur baru yang akan hadir di Andorid.

Baca Lainnya :


1.      Fitur Peringatan Gempa (Android Earthquake Alerts System)

Fitur ini merupakan sistem yang memungkinkan smartphone Android dapat mendeteksi adanya gempa bumi, yang kemudian bisa mengirim peringatan ke pengguna lewat notifikasi ponsel.

Misalnya ada pengguna Andorid di daerah yang terkena gempa, pengguna bisa mendapatkan peringatan beberapa detik sebelum gempa itu terjadi.

Dengan dukungan accelerometer, nantinya smartphone Android dapat berfungsi sebagai “seismometer mini” untuk mendeteksi tanda-tanda adanya gempa bumi tersebut.

Fitur ini rencananya akan dirilis secara global dan Google akan memprioritaskan negara-negara yang rawan gempa terlebih dahulu.

Saat ini sistem peringatan gempa bumi tersebut masih tersedia di Yunani, Selandia Baru, Turki, Filipina, Kazakhstan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan. Disampaikan juga oleh Google, beberapa negara berikutnya akan segera menyusul tahun depan.

2.      Fitur Bintang di Message (Starred Messages)

Google menghadirkan fitur bintang di aplikasi Message pada Android agar pengguna bisa menandai pesan yang dirasa penting.

Lewat fitur ini, pengguna aplikasi Message bisa membintangi pesan SMS tertentu termasuk juga foto unutk membacanya di kemudian waktu.

Dengan begitu, pengguna dapat memilih pesan mana saja yang tidak ingin mereka lewatkan dan bisa dilihat di lain hari.

Cara mengoperasikan fitur bintang ini pun cukup mudah. Pengguna cukup tekan agak lama pesan mana yang ingin dibintangi. Kemudian, akan muncul ikon bintang di layar, lalu tekan ikon tersebut.

3.      Emoji Kitchen Baru

Pengguna aplikasi keyboard Gboard kini memiliki banyak pilihan emoji ekspresi wajah lewat tambahan fitur baru yang disebut “Emoji Kitchen”.

Variasi emoji baru tersebut bisa dikirim pengguna lain lewat aplikasi chatting. Bentuknya juga bukan seperti emoji biasa yang kecil, melainkan stiker.

Update fitur ini sudah tersedia di aplikasi Gboard versi beta. Perlu diingat, fitur Emoji Kitchen ini hanya bisa diperoleh pengguna Android 6.0 ke atas.

4.      Fitur Perintah Suara

Android juga memperbarui asisten suara Google Assistant agar bisa digunakan langsung untuk menyalakan fitur tertentu di sebuah aplikasi.

5.      Fitur Voice Access

Voice Access merupakan fitur yang dirancang untuk pengguna yang memilki kesulitan motorik, berupa perintah suara untuk menggunakan smartphone.

Lewat fitur ini, pengguna Android dapat menjalankan beberapa perintah lewat suara untuk membuka menu pada ponsel, tanpa harus menyentuh atau mengusap layar smartphone.

 Google menambahkan fitur ini khususnya bagi para penyandang disabilitas untuk dapat mengenali bidang kata sandi, untuk memasukkan huruf, angka, dan simbol.

6.      Android Auto

Pengguna Android akan mendapatkan lebih banyak pilihan fitur untuk Android Auto ini, yakni fitur Android saat perangkat terhubung dengan mobil pintar yang kompatibel dengan Android.

Pengguna bisa dimudahkan untuk menelusuri konten dengan tab baru di aplikasi media. Ada juga opsi back to top dan tombol A-Z di scroll bar untuk mencari urutan konten.

Fungsi Android Auto sudah terintegrasi di OS Android 6 ke atas. Sehingga pengguna bisa langsung menghubungkan ke head unit atau konsol mobil yang mendukung Android Auto untuk menjalankan fungsi-fungsinya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment