Google Matikan Aplikasi AR Measure, ini Alasanya......

By Wanovy Hutapea 11 Jun 2021, 19:17:17 WIB Teknologi
Google Matikan Aplikasi AR Measure, ini Alasanya......

Keterangan Gambar : rip AR Measure


Pada perangkat iOS, Apple memiliki aplikasi bernama Measure yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membantu penggunaya mengukur dimensi objek atau bahkan ketinggian orang.
Ternyata Google juga memiliki aplikasi AR yang bernama Measure, ada pada Google Play Store. Tetapi tidak banyak orang yang mengetahui kehadiran aplikasi tersebut, bahkan kini Google sudah menghentikan aplikasi tersebut.

Mengandalkan kamera perangkat yang sudah mendukung ARCore, pengguna dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk mengukur dimensi berbagai hal.
Selain dihapus dari Google Play Store, ternyata Google juga sudah mematikan aplikasi Measure tersebut dan tidak lagi merilis update apapun.
Google pertama kali memperkenalkan Measure pada tahun 2016 sebagai aplikasi eklusif Tango—perangkat AR milik perusahaan. Berhubung perusahaan Tango tidak berjalan, Google pun memisahkan Measure sehingga menjadi aplikasi mandiri dan dapat digunakan oleh perangkat yang didukung ARCore.
Namun kabar baiknya adalah bagi pengguna yang sudah mengunduh sebelumnya dan masih menggunakannya,  aplikasi ini masih dapat terus digunakan tanpa masalah apapun selama aplikasi tersebut terus berfungsi.
Google tidak akan memperbarui atau mendukung aplikasi itu lagi, sulit untuk mengatakan apakah versi Android yang akan datang dapat mengakibatkan aplikasi tersebut merusak fungsinya.
"Kami tidak lagi dapat mendukung pemeliharaan berkelanjutan untuk aplikasi Measure. Sebagai gantinya, kami sarankan untuk mencoba salah satu dari banyak alternatif yang tersedia di Play Store." Ujar juru bicara Google yang dirilis ke XDA Developers.
Belum diketahui jelas mengapa Google memutuskan untuk mematikan aplikasi Measure ini tetapi Google melakukan ini dari waktu ke waktu sehingga tidak begitu mengejutkan.
Menurut beberapa pendapat, tampaknya cukup banyak orang yang memiliki masalah dengan aplikasi tersebut dan mengkalim Measure tidak terlalu akurat dalam menentukan panjang ukuran. Bahkan ada juga keluhan yang mengatakan apllikasi Measure ini sering crash saat dipakai.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment