Fitur Baru Pengguna Android, Bisa Bawa Kartu Vaksin COVID-19 di Ponsel

By Wanovy Hutapea 03 Jul 2021, 18:50:14 WIB Teknologi
Fitur Baru Pengguna Android, Bisa Bawa Kartu Vaksin COVID-19 di Ponsel

Google akan mempermudah penggunanya dengan membuat fitur baru bagi pengguna Andoid dengan membawa kartu vaksin COVID-19 di smartphone mereka. Perusahaan mengatakan sedang memperbarui sistem Passes API bawaan di Android.

Nantinya sistem ini akan berfungsi untuk memberikan peyedia layanan kesehatan dan lembaga pemerintah untuk membuat versi digital dari tes COVID-19. Selain itu ada kartu vaksin COVID-19 yang dapat langsung disimpan juga ke ponsel pengguna Android.

Fitur ini mulanya diluncurkan di Amerika Serikat, kemudian diikuti sejumlah negara lain. Perusahaan asal Amerika Serikat ini telah mengizinkan penyedia layanan kesehatan dan organisasi pemerintah untuk membuat versi digital dari vaksin COVID-19 atau informasi testing seseorang.

Baca Lainnya :

Pengguna Android tidak perlu menginstal aplikasi khusus apapun untuk menyimpan atau mengakses kartu digital mereka di ponselnya.

Kartu vaksin akan mencakup informasi terkait vaksinasi, nomor dan dosis, tanggal menerima, nama instansi pemberi, dan jadwal vaksin selanjutnya, seperti dikutip Android Authority.

Proses API biasanya digunakan untuk menyimpan hal-hal seperti boarding pass, kartu loyalitas, kartu ucapan, tiket, dan lainnya ke dompet Google Pay pengguna. Aplikasi Google Pay dalam hal ini tidak akan turut digunakan.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, perangkat Anda harus manjalankan Android 5 atau versi yang lebih baru. Google menyatakan kartu tersebut akan dapat diakses bahkan ketika pengguna sedang offline atau di daerah dengan konektivitas internet yang rendah.

Soal keamanan data, Google mengatakan bahwa semua informasi vaksin akan disimpan di perangkat Android tersebut. Jika pengguna ingin mengakses kartu vaksin atau tes mereka di beberapa perangkat, pengguna harus menyimpan di semua perangkat secara manual.

Google berjanji tidak akan menyimpan salinan informasi dan tidak akan membaginya dengan layanan pihak ketiga untuk tujuan penargetan iklan. Namun, perusahaan akan mengetahui cara Anda menggunakan kartu COVID-19 pengguna, seperti eaktu mengakses dan seberapa sering memeriksanya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment