Bocoran Performa Chip Gaming Exynos 2200, Lebih Kencang dari Apple ?

By Wanovy Hutapea 01 Jul 2021, 19:26:53 WIB Teknologi
Bocoran Performa Chip Gaming Exynos 2200, Lebih Kencang dari Apple ?

Samsung mengkonfirmasi sedang menjalin kerja sama dengan pabrik semikonduktor AMD dalam membuat chipset mobile yang dibekali GPU (chip pengolah grafis) yang mempuni.

Kini, bocoran performa chip yang digadang-gadang akan mengusung nama Exynos 2200 itu muncul di internet. Dan yang sangat mengejutkan, skor chip dengan GPU AMD itu melampaui performa chip A14 Bionic racikan Apple.

Informasi ini dibeberkan oleh Ice Universe, pembocor ulung yang kerap mengumbar berbagai rumor terkait produk Samsung.

Baca Lainnya :

Melalui akun twitter @UniverseIce, ia mengklaim ponsel dengan chipset tersebut akan memiliki hasil benchmark aplikasi 3D Mark untuk pengujian grafis “Wild Life” senilai 8.134 poin dengan frame rata-rata 50,30 fps.

Angka tersebut lebih tinggi dari chipset Apple A14 Bionic yang dimiliki iPhone 12 Pro Max. Dalam pengujian yang sama, ponsel itu disinyalir hanya mampu menghasilkan skor benchmark 7.442 poin dengan frame rate rata-rata 40m fps.

Sebagai informasi, SoC Exynos yang tampil di benchmark ini mengandalkan CPU beraksitektur Cortex-A77 yang konon dipakai untuk referensi pengujian.

Chip Samsung terbaru itu akan dibuat dengan proses 5nm, yang disebut akan meningkatkan kemampuannya, terutama pada efisiensi baterai dan kemampuan komputasinya.

Exynos 2200 ini disebutkan menjadi penantang M11 karena akan dipakai di berbagai jenis perangkat. Pada awalnya, chip ini akan dipakai di laptop dengan sistem operasi Windows, namun kemudian bakal dipakai di bermacam perangkat lainnya.

Sebelumnya, President System LSI Business Samsung, Inyup Kang, saat peluncuran Exynos 2100 sudah memastikan akan menggunakan GPU dan AMD.

Namun, ia tidak memastikan apakah GPU AMD itu akan dipakai di ponsel flagship selanjutnya atau akan terintegrasi di system on chip (SoC) flagship Samsung selanjutnya. Ia pun tidak memastikan tanggal pasti kehadiran GPU AMD itu.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment