Bapak Internet Jual Source Code World Wide Web

By Wanovy Hutapea 16 Jun 2021, 19:36:13 WIB Teknologi
Bapak Internet Jual  Source Code  World Wide Web

Timothy “Tim” Berners-Lee sering disebut sebagai “Bapak Internet” karena telah merintis World Wide Web (WWW) sejak 1989.

World Wide Web atau singkatnya Web seperti yang kita ketahui bentuknya adalah perangkat lunak hypertext yang berjalan di internet.

Sejak lahirnya WWW, Tim diketahui tidak pernah merasakan manfaat langsung dari ciptaannya itu. Karena dia sendiri tidak pernah mematenkan kode sumber yang dia gunakan untu membuat Web.

Baca Lainnya :

Namun, kini bapak internet berencana untuk melelang kode sumber WWW sebagai token kriptografi atau Non-Fungible Token (NTF). Menurut Tim, melelang kode sumber WWW sebagai NTF adalah hal yang wajar dilakukan oleh para ilmuwan komputer seperti dirinya.

Tim tidak pernah mematenkan WWW karena takut Web tidak dapat berkembang jika dibatasi oleh paten, biaya, royalti, atau kontrol lainnya.

Sekarang, setiap orang bisa menjual karyanya sebagai aset digital berkat kehadiran NTF, termasuk kode sumber sekalipun.

NFT dapat diartikan sebagai sebuah token kriptografi yang mewakili suatu barang yang dianggap unik. Dengan memilki aset NTF, pemilik seperti memiliki karya seni atau barang antik.

Dengan adanya NTF ini, seolah menjadi alternatif lain bagi Bapak Internet untuk bisa menegaskan “kepemilikan” atas ciptaannya itu.

"NFT, baik berupa karya seni atau artefak digital seperti sumber kode WWW ini, adalah kreasi terbaru di ranah ini. Dan merupakan sarana kepemilikan yang paling tepat yang ada," ujar Tim.

"Jadi rasanya tepat untuk menandatangani tanda tangan saya secara digital pada artefak yang sepenuhnya digital," lanjutnya.

Proses lelang sumber kode WWW itu akan ditangani oleh rumah lelang Sotheby’s. Dalam sesi lelang nanti, Sotheby’s akan melelang empat koleksi item berbeda yang berkaitan dengan kode sumber Web sebagai satu NTF.

Adapun item yang dilelang yakni file bercap waktu asli dari kode sumber yang ditulis sendiri oleh Tim untuk proyek WWW. Secara keseluruhan, file tersebut mewakili hampir 10.000 baris kode tertulis.

Ada pula visualisasi dari kode sumber tersebut, surat dari Tim tentang prosesnya, serta poster digital dari kode sumber yang dibuat Tim.

Sotheby’s mengatakan bahwa koleksi NTF kode sumber WWW ini akan menjadi satu-satunya salinan kode sumber untuk web pertama yang telah ditandatangani, yang ada saat ini.

Sesi lelang ini akan berlangsung dari tanggal 23-30 Juni mendatang, dengan penawaran pertama dimulai sebesar USD 1.000 atau setara dengan Rp14,2 juta.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment