Apple Tingkatkan Privasi pada iOS 15, dapat sembunyikan IP Adress

By Wanovy Hutapea 09 Jun 2021, 20:24:27 WIB Teknologi
Apple Tingkatkan Privasi pada iOS 15, dapat sembunyikan IP Adress

Pada acara kumpul developer tahunan Worldwide eveloper Conference (WWDC) 2021, Apple memperkenalkan sistem operasi (OS) terbarunya yaitu iOS 15.   Apple turut memperkenalkan salah satu pembaruan penting yang dibawa oleh empat OS terbaru Aple yaitu hadirnya fitur-fitur perlindungan privasi terbaru. Seperti diketahui, beberapa tahun belakangan ini, Apple selalu menekankan bagaimana mereka sangat serius tentang privasi penggunanya. Hal ini sudah dibuktikan perusahaan dengan menambahkan beberapa fitur privasi yang sudah ditingkatkan pada Mail dan Safari

"Kami memperkenalkan perlindungan privasi baru untuk membantu pengguna memiliki lebih banyak transparansi dan kontrol atas apa yang terjadi dengan informasi mereka," tulis CEO Apple, Tim Cook melalui akun Twitter miliknya, Selasa (8/6/2021).

Berikut deretan fitur privasi baru iOS 15

Baca Lainnya :

  • Dapat Menyembunyikan Alamat IP

Apple sudah mengantisipasi tracking pixel, yang memungkinkan pihak ketiga dapat mengambil informasi tentang apakah atau kapan email mereka dibuka. "Aplikasi Mail dan Safari kini akan secara default menyembunyikan alamat IP pengguna," ucap Katie Skinner, manager of user privacy Apple, dikutip dari The Verge,Selasa (8/6/2021). Hal ini dimungkinkan dengan adanya fitur Mail Privacy Protection. Dengan adanya fitur sembunyikan alamat IP ini, pihak ketiga tidak akan dapat menautkan alamat IP pengguna ke aktivitas online lainnya.

  • App Privacy Report

Di iOS 15 ini pengguna akan disajikan laporan privasi aplikasi. Biasanya saat menggunakan aplikasi pengguna perlu memberikan sejumlah izin untuk dapat mengakses perkangkat miliknya seperti kontak, lokasi, mikrofon, foto ataupun data dan pengenal lainnya.  App Privacy Report ini akan memberikan gambaran tentang hal-hal terkait privasi data pengguna yang diakses . Isinya berupa detail seberapa sering pengguna menggunakan izin yang sebelumnya telah diberikan pengguna tadi, dalam kurung waktu satu minggu terakhir.

Dari laporan ini, pengguna dapat melacak penggunaan izin akses perangkatnya oleh aplikasi. Bila pengguna asli merasa ada aktivitas yang mencurigai, pengguna bisa langsung mengubah perizinan akses aplikasi di setelah perangkat. Dalam acara yang digelar Worldwide Developer Congerence (WWDC) 2021 ini, Apple juga memperluas dukungan OS terbarunya untuk semua model iPhone yang saat ini menjalankan iOS 14 dan iPod Touch generasi ketujuh.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment